KEMAMPUAN DARI SEBUAH MOBIL

KEMAMPUAN DARI SEBUAH MOBIL
A. KECEPATAN MAXIMUM 
diukur dari kondisi GVW di jalan datar beraspal tanpa angin dalam satuan "km/jam" atau "mph" (mile per hour)
B. PEMAKAIAN BAHAN BAKAR (Fuel Consumpion)
pengunaan bahan bakar (fuel consumpion) adalah suatu ukuran berapa banyak bahan bakar yang digunakan suatu mesin atau kendaraan pada suatu jarak tertentu, dan ini menunjukkan seberapa jauh efiensi mesin atau kendaraan dilihat dari pemakaian bahan bakarnya.
Untuk menunjukkan pemakaian bahan bakar digunakan dua metode yang berbeda. metode pertama dengan menjalankan kendaraan pada jarak tertentu dan bahan bakar yang diperlukan diukur satuan unit yang digunakan adalah per 100 km (1/100 km). Metode ini lebih mudah kita pahami akan tetapi ada juga yang yang mengukur jarak yang dapat ditempuh dengan sejumlah bahan bakar tertentu. satuannya adalah km per liter ( km/1 atau mile per gallon (mpg)).
nilai ini (1/100 km, km/1 atau mpg) digunakan untuk membandingkan pemakaian bahan bakar dari suatu kendaraan pada macam-macam kondisi kendaraan
PENTING!!! Nilai-nilai yang diperolehdapat berbeda jauh tergantung pada kondisi perjalanan saat dilakukan pengukuran sebagai contoh : cuaca, kondisi mesin, beban, keadaan lalu lintas di jalan (di kota, jalan bebas hambatan, dipegunungan dll)
Tingkat pemakaian bahan bakar yang dikekuarkan oleh pabrik untuk kendaraan dapat saja tidak mencapai sesuai dengan promosi yang dikeluarkan karena kondisinya yang berbeda-beda

C.KEMAMPUAN DAYA YANJAK MAXIMUM
kemampuan kendaraan untuk mendaki dengan beban spesifikasi (G.V.W.). Tingkat maksimum dari satu kendaraan mendaki diperoleh dengan persamaan sebagai berikut : ketika B yang ditentukan dari garis datar sejauh A yang dilalui. Sudut tanjakan 0 (theta) di dapat dengan membagi B/A. BIla A=100 B=20 ,maka:

M=A/B=20/100=0,2
Dan ini sama dengan daya tanjak maksimum.

Maximum gradeability masih berupa kemampuan teoritis, kenyataanya mungkin tidak dapat menanjak karena gesekan ban dengan jalan.

D. MINIMUM TURNING RADIUS
Yaitu radius terkecil kendaraan dapat membelok perlahan-lahan pada tempat yang datar dan rata dengan posisi kemudi membelok penuh. Garis lingkarannya dibentuk oleh bagian body paling luar atau oleh garis tengah roda outer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEMAMPUAN DARI SEBUAH MOBIL"

Posting Komentar